Waktu Terbaik Menikmati Wisata Gunung Kelud



Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di kawasan Jawa Timur.Bahkan, gunung ini menjadi salah satu gunung yang paling sering melakukan erupsi.Lokasi gunung ini berada di antara Kabupaten Malang, Kediri, dan Blitar.Meski gunung ini sangat aktif, nyatanya tak membuat para wisatawan mengurungkan niatnya untuk menikmati keindahan tempat wisata Gunung Kelud. Menikmati keindahan dan pesona Gunung kelud tak seperti yang dilakukan di beberapa gunung lainnya karena kebanyakan pengunjung datang bukan untuk mendaki melainkan untuk menikmati beberapa aktivitas seru lain.

Waktu Terbaik Menikmati Wisata Gunung Kelud

Tertarik untuk menikmati keindahan panorama wisata Gunung Kelud yang memang begitu populer?Alangkah baiknya bila kamu mulai merencanakan jadwal perjalanan kamu ke Gunung kelud.Kamu sebaiknya juga mengetahui ada beberapa waktu terbaik yang direkomendasikan untuk menikmati panorama di kawasan wisata gunung tersebut.

1)      Jelang matahari terbit

Kawah Gunung Kelud dikelilingi oleh tiga puncak yaitu Kelud, Gajah Mungkur, dan Sumbing.Dari ketiga puncak tersebut, salah satu titik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan adalah Puncak Gajak Mungkur.Dari posisi tersebut, kawasan wisata bisa dilihat 360 derajat.Saat menjelang matahari terbit, dua puncak Gunung Kelud yaitu Puncak Sumbing dan Kelud terlihat semacam siluet dengan latar kemerahan yang begitu indah.Matahari muncul secara perlahan dari balik pegunungan menjadi salah satu moment yang paling dinantikan.Waktu sekitar Subuh dan menjelang matahari terbit itulah menjadi moment terbaik bagi para pecinta fotografer dan pemburu matahari terbit untuk datang ke kawasan wisata Gunung kelud.

2)       Jelang matahari terbenam saat musim kemarau

Bagi para pemburu sunset atau matahari terbenam, musim kemarau jadi waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan Gunung Kelud.Dengan musim kemarau, ini membuat awan serta kabut menjadi lebih minim di kawasan tersebut sehingga pengunjung bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahan matahari terbenam di antara pegunungan.Kawasan Kota Kediri juga terlihat bercahaya violet seolah menjadi moment dramatis yang sayang untuk dilewatkan.

3)      Saat upacara larung sesaji pada 1 Muharam

Bukan hanya keindahan matahari terbit ataupun tenggelam yang menjadikan pesona wisata Gunung Kelud terasa istimewa.Bila kamu ingin melihat Gunung Kelud dengan tampilan yang berbeda, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mengunjunginya di saat upacara larung sesaji setiap 1 Muharam atau 1 Sura. Pada moment tersebut, para sesepuh yang ada di kawasan pegunungan Kelud akan menyerahkan sesembahan berupa telur ayam kampung, bunga tiga warna, serta kemenyan dengan melarungnya ke kawah. Kegiatan ini dikemas dalam festival Kelud.

Sebenarnya menikmati keindahan panorama Gunung Kelud bisa kapan saja dilakukan.Hanya saja, bila kamu ingin mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dan tak biasa, datang di kawasan pada moment-moment istimewa tersebut bisa jadi pilihan yang cukup menarik.

Aktvitas Seru Menikmati Wisata Gunung Kelud

Berkunjung ke Kawasan Wisata Gunung kelud tentu bukan hanya untuk mengejar moment matahari terbit ataupun terbenam saja. Kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas seru yang bahkan bisa menantang adrenalin saat berwisata ke sana. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati saat liburan ke Gunung Kelud.

1)      Melihat keindahan Danau Kawah di Puncak Kelud

Dulunya, ini merupakan kubah lava.Namun, karena ukurannya yang terbilang cukup besar, akhirnya banyak yang menyebutnya sebagai Anak Gunung kelud.Pasca letusan Gunung kelud pada tahun 2014, kubah lava tersebut akhirnya membentuk lubang yang besar sehingga lebih populer disebut sebagai Danau Kawah.Danau tersebut berada di Puncak Kelud.Pengunjung tidak boleh terlalu mendekat ke danau kawah tersebut untuk alasan keamanan.Namun, kamu tak perlu khawatir karena pengunjung bisa mengmabil foto dari kejauhan dengan latar indahnya danau kawah di Puncak Kelud.

2)      Mencoba jalur offroad

Ingin sesuatu yang lebih menantang?Kamu bisa mencoba menikmati serunya sirkuit off road yang ada di kawasan wisata Gunung kelud.Sirkuit tersebut memiliki lintasan sekitar 20 kilometer dengan tanjakan serta kelokan yang cukup memacu adrenalin.Untuk menyewa kendaraan offroad, biaya yang dibutuhkan mulai 150 ribu hingga 450 ribu.

3)      Panjat tebing di Tebing Sumbing

Bisa dikatakan ini merupakan aktivitas yang paling ekstrim yang dapat dilakukan ketika berkunjung di gunung Kelud. Bahkan, saking ekstrimnya, untuk bisa memanjat Tebing Sumbing, pengunjung harus mendapatkan izin ke Federasi Panjat tebing Indonesia cabang Kediri, Kantor Vulkanologi, pos Penjagaan Dinas Pariwisata Kediri, serta Polsek Ngancar. Hal ini tentu bukan tanpa alasan yang mengharuskan setiap pemanjat harus mendapatkan izin terlebih dahulu.Tebing tersebut memiliki ketinggian 200 meter dan tidak semua bagian dinding tebing merupakan batuan andesit yang keras karena ada beberapa pijakan yang mudah lepas sehingga bisa membahayakan bagi pemanjat.Inilah mengapa kegiatan ini hanya direkomendasikan bagi yang memang sudah berpengalaman.

4)      Jogging dari lereng ke puncak

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan kawasan wisata Gunung Kelud yaitu dengan melakukan jogging. Untuk melakukan aktivitas ini, kamu bisa mulai pada saat matahari terbit dari kawasan Desa Wates Kediri yang merupakan kaki gunung Kelud menuju ke puncak.Sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati pesona keindahan panorama empat puncak Gunung Kelud. Perjalanan tersebut bisa ditempuh sekitar tiga jam hingga mencapai puncak namun ini tentu tergantung dengan kecepatan.

5)      Flying fox

Saat ini, pengunjung kawasan Gunung Kelud juga bisa menikmati landscape dari udara melalui aktivitas flying fox yang meluncur dari ketinggian 100 meter dengan panjang track sekitar 150 meter. Wahana ini mungkin cukup menegangkan namun aman karena dikelola oleh para profesional.

Tips sebelum Berkunjung Ke Destinasi Wisata Gunung Kelud

Ternyata berkunjung ke kawasan Iwtsa Gunung Kelud sangat seru dan menyenangkan. Sebelum kamu berencana untuk berwisata ke sana, ada baiknya bila kamu memperhatikan beberapa hal berikut.

1)      Waktu keberangkatan

Ada beberapa waktu terbaik menikmati keindahan alam Gunung kelud seperti yang telah dijelaskan di atas.Namun, bila kamu ingin mengeksplorasi kawasan tersebut lebih total, kamu bisa memilih datang sebelum matahari terbit sehingga setelah puas menikmati keindahan alam sunrise maka kamu bisa melanjutkan dengan berkeliling santai di kawasan Gunung kelud tanpa diburu-buru waktu.

2)      Siapkan stamina dan kondisi tubuh

Jalan-jalan ke kawasan pegunungan pastinya membutuhkan stamina dan kondisi tubuh yang prima.Inilah mengapa ketika kamu ingin berkunjung ke kawasan Gunung kelud, pastikan kamu mempersiapkan kondisi dan stamina tubuh sebaik mungkin untuk menikmati perjalanan lebih menyenangkan.

3)      Perhatikan barang bawaan

Selain stamina dankondisi tubuh yang harus dalam keadaan baik, kamu sebaiknya tidak melupakan barang bawaan apa saja yang diperlukan ketika berkunjung ke sana. Kamu bisa mempersiapkan kamera, jas hujan, jaket ataupun pakaian tebal.Kamu juga perlu membawa makanan dan minuman secukupnya sebagai bekal selama perjalanan.

4)      Pilih alas kaki yang nyaman

Ini penting untuk diperhatikan supaya perjalanan kamu terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

5)      Sewa mobil wisata

Waktu untuk mencapai puncak Gunung Kelud pastinya akan lama bila dilakukan dengan jalan kaki. Kamu bisa menyewa mobil wisata di pos gerbang masuk wisata Gunung Kelud dengan tiket dengan kisaran harga Rp 1,5 juta untuk jasa pulang dan pergi.

Menikmati keindahan alam yang ada di sekitar nyatanya bisa menambah kesyukuran akan indahnya negeri ini. Kamu bisa mengunjungi kawasan wisata Gunung Kelud sebagai salah satu destinasi menarik untuk mengisi liburan kali ini.Kamu persiapkan waktu terbaik kapan berkunjung dan atur perjalanan kamu.


0 Response to "Waktu Terbaik Menikmati Wisata Gunung Kelud"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik