Aneka Binatang Di Taman Safari Indonesia Bogor

Tempat wisata alam Taman Safari Indonesia di Bogor layak dikunjungi anggota keluarga, khususnya keluarga yang masih memiliki anak kecil. Mengapa demikian? Di sinilah disuguhkan berbagai macam hewan dan tatanan tumbuhan yang menarik sang anak dan bisa menjadi pembelajaran alam. Apa jadinya bila sang anak tidak pernah dikenalkan berbagai binatang? Tentu, mereka bisa menjadi pembunuh binatang yang tidak bersalah atau paling tidak enggan memperhatikan binatang. Apalagi, ada beberapa macam binatang hidup di dalam rumah, mereka bisa sangat membencinya (walaupun tetapi binatang berbau harus dijauhkan dari rumah).


Taman Safari Indonesia bukalah kawasan hutan yang sedari awal sudah ada hewan-hewan, binatang-binatang. Seperti yang dilansir Wikipedia bahwa Taman bahwa Taman Safari Indonesia adalah pengalihan fungsi lahan dari perkebunan Kina ke Taman Safari Indonesia. Hal ini sengaja dilakukan mengingat tanah untuk perkebunannya sudah tidak produktif lagi. Pendirian Taman Safari Indonesia ditetapkan oleh Soesilo Soedarman pada tahun 1980. Pada tahun 1990, Taman Safari Indonesia menjadi pusat penangkaran hewan langka di Indonesia atau dunia sebagai mempertahankan habitat yang perlu dikenalkan masyarakat Indonesia. Dengan luas sampai 168 hektare, sangat luas untuk budidaya hewan langka dan juga objek wisata yang patut dicoba.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Safari Indonesia

1. Safari Journey

Jangan mengabaikan pada momen Safari Journey ya. Anda harus siap membawa kamera, foto atau vidio. Pastinya, kunjungan di Safari Journey adalah kunjungan wajib daripada yang lainnya. Kalau tidak menikmati perjalanan selama 45 menit di Safari Journey, untuk apa memilih tempat wisata di Taman Safari Indonesia? Namanya juga taman safari, otomatis taman untuk perjalanan menikmati suasana alam bebas. Seperti yang dilansir Wikipedia bahwa semua jenis hewan/binatang (satwa) berjumlah sekitar 2500 koleksi satwa yang diambil hampir dari seluruh dunia seperti harimau, benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah dan sebagainya. Tentunya, binatang yang memiliki wujud besar.



2. Baby Zoo

Kalau di Safari Journal, persis mewakili Taman Safari Indonesia yakni melakukan perjalanan sambil melihat binatang/hewan di alam bebas. Berbeda bila di Baby Zoo. Anda dan keluarga harus mengunjungi tempat khusus pemeliharaan binatang yang masih berusia balita (istilahnya) alias masih berstatus bayi. Di sini, anak-anak bisa berhubungan lebih dekat sekedar berfoto atau lainnya. Manfaat dari ini tentu bisa meningkatkan rasa empati pada hewan khususnya hewan yang masih dalam perlindungan.

3. Pertunjukkan Binatang Cerdas

Bukan anak-anak kalau tidak disuguhkan dengan suguhan menarik permainan hewan/binatang. Sebagai orang tua, anda harus mementingkan kepentingan anak yakni dengan menyempatkan diri melihat atraksi hewan. Tentunya, pertunjukkan yang membuat anak tidak merasa ketakutan (setelah tahu si anak ketakutan). Anak anda bisa memilih pertunjukkan binatang apa yang dimau. Tentunya, mereka akan mau melihat pertunjukkan setelah mengerti seputar binatang yang sudah dilihatnya.

Tips Wisata Keluarga ke Taman Safari Indonesia di Bogor

Segala tempat wisata ada aturannya tersendiri. Begitu juga pada wisata Taman Safari Indonesia di Bogor, ini pun memiliki aturan tersendiri. Apalagi, taman wisata yang berhubungan dengan binatang, hewan, bisa jadi persyaratan atau aturan yang ada jauh lebih banyak. Contoh kasus binatang panda yang tidak suka suara berisik, maka ini menjadi aturan tersendiri. Begitu juga dengan aturan untuk binatang-binatang lain.




Ada tiga tips besar yang mewakili perjalanan di Taman Safari Indonesia.

Pertama, persiapkan kendaraan anda dalam kondisi optimal, fit. Jalan cenderung menanjak sehingga mengharuskan memiliki kendaraan yang bisa menyesuaikan dengan kondisi medan. Tentunya, bagi kalangan elit tidak mempermasalahkan dengan mobil. Tetapi bagi kalangan biasa yang hanya punya mobil kurang berkualitas, ini menjadi masalah. Alangkah baiknya menggunakan bus yang sudah disediakan pengelola.

Kedua, persiapkan untuk menghadapi situasi di pegunungan. Bogor adalah kota hujan. Karena itu, mungkin anda harus menyiapkan payung, jaket dan hal-hal yang bisa menghangatkan.


Ketiga, selalu patuhi brosur atau perintah di papan. Anda jangan mencoba-coba melanggar aturan yang ada dibrosur. Sebagai contoh yang pernah terjadi di Inggris dan berakibat fatal adalah membuka jendela kaca mobil. Pas ada kepala jerapah masuk, si pengebudi kaget. Bukannya mendiamkan, si pengemudi memaksa menutup kaca jendela. Akhirnya, kaca pun pecah seiring keluarnya kepala jerapah yang mungkin terkejut efek kaca jendela yang ditutup.

0 Response to "Aneka Binatang Di Taman Safari Indonesia Bogor"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik