Menengkok Gua Sunyaragi Tempat Wisata Cirebon

Tempat wisaya yang satu ini bisa anda coba. Hal ini untuk keperluan sunya ragi. Bagi orang yang sibuk, tentu mereka membutuhkan rileksasi. Barangkali dengan berwisata di sunyaragi bisa mendapatkan ketenangan karena sudah melakukan upaya sunya ragi. Kepentingan itulah yang membuat tempat wisata yang ada di daerah Kesambi, Kota Cirebon, diberi nama Sunyaragi. Sunya sendiri artinya sepi alias sunyi sedangkan ragi adalah raga.


Dahulu kala, Sunyaragi digunakan untuk tempat peristirahatan dan pertapaan para sultan Cirebon. Tentunya salah satunya untuk meningkatkan ilmu kanuraga (Wikipedia). Tentunya, lain dulu lain sekarang. Sekarang, Sunyaragi digunakan hanya sebagai cagar budaya. Kalau pun mungkin sebagai tempat sebagaimana namanya, hanya kalangan keraton sendiri yang menggunakannya. Tetapi, melihat kondisi guanya yang tidak layak untuk peristirahatan era sekarang, mungkin tidak ada orang yang lain menggunakan gua Sunyaragi untuk beristirahat atau sunyian. Bagaimana mau digunakan kalau tempatnya sudah ramai pengunjung?

Sejarah Pembangunan Gua Sunyaragi

Sejarah yang sebagai acuan pemandu wisata adalah sejarah versi Caruban Nagari. Tahun 1720 adalah awal mula berdirinya Gua Sunyaragi yang dicetuaskan oleh cicit Sunan Gunung Jati. Bedirinya itu mencakup pembuatan pesanggrahan dan juga bangunan gua. Di dalam pesanggrahan, ada beberapa kebutuhan sehari-hari seperti layaknya rumah orang muslim. Sedangkan di dalam bangunan gua membentuk gunung-gunungan. Di dalam gua terdapat terowongan penghubung bawah tanah dan juga saluran air. (Wikipedia)

Sosok Patung Misterius Gua Sunyaragi

Ada cerita, Putri Ong Tien hamil tanpa persetubuhan yang melatarbelakangi adanya patung Perawan Sunti. Konon, hal ini hasil keramat Sunan Gunung Jati. Hal ini memang sangat di luar akal. Salah satu wanita yang hamil tanpa persetubuhan pernah dialami Siti Maryam alias Bunda Mariah. Namun, sepertinya hanya Siti Mariam lah yang bisa hamil tanpa persetubuhan. Tetapi, itulah cerita yang sering di dengan mengenai Putri Ong Tiem, terlepas benar atau tidaknya (mengingat banyak rekayasa di kisah wali songo). Ada cerita lagi yang melatarbelakangi adanya patung Perawan Sunti. Kisah ini diangkat dari seorang perawan yakni putri Sultan Cirebon. Putri ini tidak mau menikah sampai akhir hayatnya. (Wikipedia)

Tetapi, apapun ceritanya, sosok patung masih menjadi pemanis kisah misterius. Apabila ada orang yang masih lajang, khususnya wanita, lantas memegang patung, ia akan kesulitan mendapatkan jodoh.

Wajah Baru Wisata di Situs Gua Sunyaragi Cirebon

Situs sejarah memang kurang diminati banyak para wisatawan. Terkecuali beberapa situs sejarah seperti Candi Borobudur dan lainnya memang diminati para wisatawan, lokal atau non lokal. Mengapa situs sejarah kurang diminati? Hal ini karena faktor situs sejarah itu sendiri yang terkeesan kurang sesuai dengan selera orang sekarang. Bagaimana mau sesuai, bila ini hasil warisan zaman dulu khususnya Taman Sari Sunyaragi? Kebetulan, Candi Borobudur memiliki keunikan yang mampu memenuhi selera orang sekarang walaupun hasil warisan zaman dulu.

Untuk itu, pemerintah Cirebon dan kalangan keraton sendiri membangun wahana permainan pemikat wisatawan mengunjungi tanan sari Gua Sunyaragi. Wahana permainan tersebut adalah Balon Terbang, Ayunan Terbang, Sepeda Terbang dan Panahan. Hal ini tidak sampai merusah situs sejarah asli Taman Sari Sunyaragi.

Selama ini jumlah pengunjung cukup banyak yakni sekitar 25.000 sampai 30.000 orang per bulan. Dengan adanya wahana permainan baru, diharapkan bisa menarik para wisatawan dari berbagai kota bahkan mancanegara.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Bila anda mau berkunjung ke wisata taman sari Sunyaragi, anda tidak perlu khawatir. Biaya yang yang dikeluarkan cenderung murah. Dengan biaya murah tersebut, pengetahuan sejarah penting bisa anda dapatkan.

Penulis mencantumkan harga di taman sari Sunyaragi sesuai informasi yang banyak beredar khususnya dari pihak keraton tersendiri yakni Sultan Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat. Berikut daftar tarifnya. Cumacuma.org

• Harga tiket masuk: Rp. 10.000
• Harga parkir: Rp. 5.000
• Harga pemandu: Rp. 40.000-50.000

Sedangkan untuk wahana permainan baru seperti yang dilansir Liputan6.com dari hasil wawancara bersama sultan keraton Kesepuan yaitu tiketnya antara Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per orang. Penulis kurang memahami bagaimana harga pasnya di tiap wahana permainan, hiburan.

Jam buka: 08.00-17.30

0 Response to "Menengkok Gua Sunyaragi Tempat Wisata Cirebon"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik