Wisata Gunung Tangkuban Parahu Bandung

Tempat wisata gunung Tangkuban Perahu memang dianggap populer. Hal ini didorong pula oleh kisah legenda yang cukup pepuler. Tempat wisata suatu daerah biasanya dilengkapi legenda-legenda tertentu. Legenda gunung Tangkuban Perahu yang ada di tanah Bandung ini menghisahkan tentang sebuah percintaan antara pria dan wanita yang ternyata antara anak dan ibu kandung.


Kisah percintaan yang membuahkan istilah “Tangkuban Perahu” untuk suatu gunung ditokohkan oleh seorang Sangkuriang dan juga Dayang Sumbi. Kisahnya seperti kisah jatuh cinta pada umumnya. Namun yang menjadi rasa prihatin adalah sosok Dayang Sumbi yang dicintai Sangkuriang adalah ibu kandung sendiri. Sangkurian dan Dayang Sumbi sama-sama tidak mengetahui status jalinan darahnyaꟷkarena terpisahꟷyang pada akhirnya diketahui Dayang Sumbi dengan ciri khas di kepala Sangkuriang. Cinta buta memang bisa mengabaikan kebenaran. Itulah yang terjadi pada diri Sangkuriang yang mencintai wanita yang ternyata ibu kandungnya. Kemaarahan karega gagal memenuhi syarat, Sangkuriang akhirnya menendang perahu sampai membuahkan gunung “Tangkuban Perahu”.

Fakta Kebalikan Dari Mitos Tangkuban Parahu Bandung

Seperti yang dilansir Travel.Kompas.com (2013/12) bahwa gunung Tangkuban Perahu memang berbentuk seperti perahu yakni perahu yang terbalik bila dilihat dari arah selatan Lembang. Hal ini karena ada dua kawah yang berdampingan antara arah timur dengan barat. Namun, bila dilihat dari arah timur, gunung Tangkuban Perahu akan terlihat biasa, tidak nampak seperti perahu yang terbalik. Begitu juga bila dilihat dari arah barat, tidak mirip. Walaupun dilihat dari arah selatan nampak mirip seperti perahu terbalik, anda tidak akan melihat gunung seperti perahu bila melihat dari arah utara.

Itulah yang mungkin menginspirasi ahli cerita atau biasa disebut sastrawan membuat kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Seputar Paronama Gunung Tangkuban Parahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di Jawa Barat yang sudah menjadi tempat wisata daerah Bandung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter. Letaknya dari kota Bandung sendiri sekitar 20 km. Lebih tepatnya, terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu No 282, Cikole, lembang, Kab.Bandung Barat 40391. Anda bisa mengunjungi tempat ini langsung.

Gunung itu berbentuk Stratovulcano. Sifat erupsinya berpindah-pindah dari timur ke barat. Ini termasuk gunung yang masih aktif yang menghasilkan letusan berupa lava dan sulfur. Namun ketika sedang tidak aktif, Tangkuban Perahu mengeluarkan mineral uap belerang. (Wikipedia)

Paronama yang paling menarik dari Gunung Tangkuban Perahu itu terletak di kawasna kawah. Apalagi berbalut kabut tebal putih yang membuat gunung Tangkuban Perahu semakin memkau ketika datang pagi hari. Kawah-kawah yang yang mempesona itu terdapat 3 kawah yakni kawah Paguyungan Badak, Kawah Upas, dan juga Kawah Ratu (Piknikdong.com: 03, 2018). Namun mungkin ada sebutan lain untuk kawah Badak yaitu disebut juga kawah Domas.

Alamat danTransportasi Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Setiap kawasan wisata pasti ada rute-rute yang harus dilalui. Jelas, emang harus memakai cara menghilang? Salah satunya ada di gunung Tangkuban Perahu. Rute-rute dalam tempat wisata gunung Tangkuban Perahu memang harus anda ketahui. Berikut rute-rute yang harus dilalui untuk sampai ke gunung Tangguban Perahu seperti yang dilansir diberbagai situs.

  • Kendaraan Pribadi: dari pintu tol Pasteur => Jl.Dr. Junjunan => Pasar Kaliki => Sukajadi => Lembang => gunung Tangkuban Perahu.
  • Kendaraan Umum: Dari terminal Leuwi Panjang Pandung => naik bus jurusan Bandung-Indramayu => turun di pertigaan gerbang gunung Tangkuban Perahu. Atau bisa dari stasiun Hall Bandung => angkot jurusan stasiun Hall => Lembang => Gunung Tangkuban Perahu.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu

Bila anda mau mengunjungi tempat wisata gunung Tangkuban Perahu, anda bisa mengunjungi di jam 07.00 sampai 17.000. Anda bisa mengunjungi di jam kerja bisa mau tidak terlalu ramai. Harga kunjungan masuknya sendiri cukup membayar 20.000. Kalau hari libur membayar sekitar 30.000.

0 Response to "Wisata Gunung Tangkuban Parahu Bandung"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik