5 Tempat Wisata Di Jogja Area Gunung Merapi

Mau pergi ke tempat wisata di jogja? Bisa ke wisata gunung merapi. Gunung merapi memang berada di bagian Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun secara administratif, gunung merapi berada di beberapa daerah seperti daerah Sleman dan sisanya berada di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten. Bila menuju jogja tentunya menuju tempat wisata gunung merapi bagian jogja. Sedangkan hutan yang berada di sekitar puncak gunung merapi menjadi kawasan Taman Nasional Merapi sejak 2004 (Wikipedia).


Tempat wisata di Jogja memang tempat wisata yang romantis dan penuh kenangan. Anda mungkin bagian dari keromantisan dan kenangan kota yang disebut kota pelajar ini. Apalagi disertai kenangan yang mengharu-buru dari kedatangannya sebuah bencana alam beberapa tahun yang lalu. Walaupun mungkin anda menikmati hasil bencana tahun karena faktanya hasil bencana menjadi tempat wisata baru di area gunung merapi Jogja yang bisa dikunjungi. Kenangan pahit tidak selamanya harus pahit. Buktinya, mereka alias warga di area gunung merapi tetap bertabah hati.

Halaman Rumah Dan Makam Mbah Marijan

Makam dan bekas halaman rumah Mbah Marijan menjadi tempat wisata baru di gunung merapi jogja yang patut dikunjungi para wisatawan. Pasalnya, di samping sebagai juru kunci gunung merapi, ia pun meninggal dalam kondisi sujud demi menjaga kesetiaannya menjadi juru kunci sesuai amanat Sultan Hamengkubuwono IX. Sesuai yang dilansir News.detik.com, ia menolak atas perintah Sultan Hamengkubuwono X untuk turun dari gunung yang sedang mengancam jiwanya. Mbah Marijan menepati janji untuk menjaga gunung merapi sampai mati. Kematiannya bak seperti pahlawan yang membela masyarakatnya.

Banyak wisatawan yang berkunjung di kediaman dan makan Mbah Marijan untuk berziarah atau sekedar ingin tahu bagaimana kondisi bekas rumahnya.

Sumber www.teamtouring.net

Museum Sisa Hartaku

Musium “Sisa Kartaku” adalah musium sederhana, tidak ada istilah musium seperti yang sudah dikenal banyak orang. Musium ini terbangun tidak sengaja untuk dijadikan musium. Musium ini pada awalnya adalah pengumpulan sisa harta yang masih tersisa. Adalah keluarga Watiem yang memiliki ide mengumpulkan barang-barang miliknya yang masih tersisa. Salah satu anak darinya yakni Sriyanto mengumpulkan apa saja yang ada kemudian diletakkan begitu saja di dinding rumahnya (Jogja.tribunnews.com). Hal ini sebagai kenangan sendiri sampai akhirnya menjadi istilah musium “Sisa hartaku” yang selalu dikunjungi para wisatawan.

Sumber Jogja.tribunnews.com

Berkunjung ke Bunker Kaliadem

Berkunjung di tempat wisata jogja area gunung merapi tidak lengkap bila tidak mengunjungi area bungker yang sudah ada sejak Belanda. Bungker yang memiliki kisah mistis ini tidak luput dari kunjungan para wisatawan. Mungkin anda tidak akan bisa menikmati bungker yang eksotis. Namun kisah-kisah pengalaman bencana dan mistis bisa menjadi nilai eksotis sendiri. Dahulu kala, bungker menjadi tempat perlindungan masyarakat yang tinggal di area gunung merapi. Hal ini pun yang mungkin menjadi awal datangnya mitos “bungker menangis”. Ya, banyak warga yang sering mendengar bungker Kaliadem “menangis”.


Itulah daya tarik objek wisata bungker Kaliadem. Biasanya pemandu wisata akan menceritakan kisah-kisah mengenai bungker yang sudah berjasa melindungi para warga ketika kedatangan bencana gunung meletus.

Jangan lupa, anda bisa menyewa Jeep Lava Tour di sekitar Bunker Merapi agar kunjungan anda mendapatkan sensasi yang menyenangkan.


Stonehenge Merapi

Satu lagi tempat wisata di jogja yang perlu anda coba. Namanya adalah Stonehenge Merapi. Anda tidak perlu jauh, anda bisa melihat pemandangan indah Stongehange yang terletak di Dusun Petung, Kepuharjo, Kabupaten Sleman. Walaupun stongehange seperti di Inggris, ini cuma replika saja (Travel.kompas.com). Pemandangan cukup mendukung dalam background foto sehingga lumayan untuk instagrameble.

Travel.kompas.com

0 Response to "5 Tempat Wisata Di Jogja Area Gunung Merapi"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik