Wisata Alam Di Gili Gede Snorkeling Di Pulau Lombok


Pulau Gili Gede

Keindahan pulau Lombok sudah tidak perlu diragukan lagi.Indonesia memang begitu beruntung karena banyak sekali tempat yang indah dan belum terjamah. Pulau Lombok kaya akan keindahan alam yang sampai saat ini masih sangat terjaga dengan baik.

Masyarakat asli Lombok tetap mempertahankan kekayaan alam yang mereka punya demi kelangsungan hidup ekosistem yang ada disana.Oleh sebab itu setiap wisatawan yang datang memang harus mematuhi dan mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan. Jangan sampai kedatangan wisatawan hanya akan merusak alam yang sudah sangat cantik.



Untuk pecinta aktivitas air maka bermain-main di Lombok sangatlah recommended. Anda bisa berkunjung ke Pulau Gede lalu menikmati fasilitas Gili Gede snorkeling untuk menikmati keindahan pemandangan bawah laut yang tidak bisa dibayar dengan apapun juga.

Lombok memang terbagi atas banyak gili atau pulau-pulau kecil di dalamnya.Dan salah satu gili yang sangat indah dan tidak boleh di lewatkan adalah Gili Gede. Disana Anda bisa bermain-main di pantai atau menikmati keindahan alam yang tidak akan bisa Anda temui di tempat lain.

Percayalah, sekali ke Pulau Gede maka Anda pasti akan langsung jatuh cinta. Jarak antara Gili Gede dan gili lainnya tidaklah jauh.Anda bahkan bisa dengan berjalan kaki saja untuk bisa berputar-putar mengelilingi satu tempat ke tempat lainnya.Untuk Pulau Gede memang dikenal sebagai pulau yang terindah di Kepulauan Lombok.Letaknya sangat dekat dengan pulau utama di Lombok yang menjadi pusat pemerintahan dan semua kegiatan utama di NTB.

Gili Gede Snorkling


Pulau Gede ini hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari pulau utama dan menjadi pulau yang besar yang berada di Kecamatan Sekotong.Untuk lokasi dan kondisi asli Pulau Gede sendiri berada persis di barat daya Lombok.Pulau ini juga dikenal oleh masyarakat local sebagai Pulau Besar walaupun pada kenyataannya ukuran Gili Gede tersebut tidaklah terlalu besar dan luas.

Panjang maksimalnya hanya sekitar 4 kilometer saja dan luasnya sekitar 317 hektar. Di dalam kawasan Pulau Gede ini terdapat 5 buah dusun yang bernama Labuan Genit, Orong Bukang, Gendang Siang, Tanjungan dan juga Gili Gede itu sendiri.

Lima dusun tersebut berada di wilayah Desa Gili Gede di kecamatan Sekotong Tengah.Hanya sedikit sekali lahan disana yang dikelola swasta. Dan saat ini banyak yang menawarkan tanah atau menjual lahan agar bisa dibangun resorts, hotel atau tempat wisata lainnya.

Walaupun terlihat cukup masuk ke dalam namun ternyata di dalam kawasan Gili Gede tersebut sudah tersedia bangunan SD dan juga Sekolah Menengah Satu Atap. Untuk mayoritas penduduk yang ada di sana maka berasal dari Makassar, Wira Selayar yang menjalankan aktivitas hidupnya sebagian besar dari kehidupan sebagai nelayan.

Saat ini teknologi sudah semakin canggih sehingga Anda bisa menggunakan segala cara untuk bisa sampai kesana dan menikmati fasilitas Gili Gede snorkeling dengan gembira. Anda bisa menggunakan pesawat lalu mendarat di Lombok International Airport.Setelah itu kemudian menggunakan jalur darat menuju ke Kabupaten Lombok Barat.Namun selain itu Anda juga bisa menempuh jalur laut dengan menggunakan kapal Ferry dengan waktu tempuh yang lebih singkat.Semua tergantung kemauan dan pilihan Anda karena berwisata dengan hati bahagia adalah salah satu hal yang sangat menggembirakan.

Nah, ada apa sajakah di Lombok? Yang paling menarik dari segala aktivitas wisata yang ada di Lombok adalah wisata air karena pantai yang ada disana semua sangat bersih, bening dan jernih.Anda bahkan bisa berkaca langsung diair laut yang benar-benar sebening cermin.Berikut ini ada beberapa daya tarik wisatawan paling besar untuk mereka yang berkunjung ke Pulau Gede di Lombok.

1)      Terumbu Karang

Keindahan biota terumbu karang di Pulau Gede Lombok sudah tidak perlu diragukan lagi.Baik wisatawan dalam dan luar negeri selalu menikmati pemandangan bawah laut ini dengan hati yang bahagia.Anda bisa diving atau snorkeling dengan menggunakan alat-alat yang sudah disediakan oleh pengelola.

Namun harap diingat jangan pernah mencoret, membunuh atau mengambil apapun yang ada di bawah laut sana. Perairan yang sangat jernih dengan arus laut yang tenang menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda yang suka bermain di air laut.

2)      Villa dan Resort yang Cantik

Ada banyak sekali fasilitas villa dan juga penginapan yang lengkap di Pulau Gede ini.. Anda bisa memilih fasilitas resort yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jika Anda belum pernah ke Lombok maka Anda bisa memilih paket wisata yang lengkap sehingga sudah menyediakan akomodasi mulai dari tiket pesawat, penginapan, makan hingga segala pilihan tempat wisata favorite di Lombok.Jangan lewatkan pengalaman Gili Gede snorkeling karena pemandangan bawah laut di Pulau Gede jelas tidak ada duanya.

Beberapa hal yang membuat Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk berkunjung ke Pulau Gede lombok:

a.       Pulau Gede sendiri adalah salah satu pulau yang ada di daerah tropis di pulau Lombok. Kondisi cuaca seperti ini sangat disukai wisatawan asing karena lebih hangat dan cocok untuk berjemur.
b.      Pemandangan laut di Pulau Gede tidak bisa dinilai dengan uang. Melihat sunrise, sunset atau sekedar bersantai di pantai adalah salah satu idaman bagi semua orang yang sudah didera rasa sibuk yang teramat sangat.
c.       Lombok dikenal sebagai pulau 1000 masjid karena banyak sekali masjid yang ada disana dengan sentuhan unik sehingga cocok juga untuk Anda yang menginginkan wisata religi.
d.      Banyak sekali kuliner lezat yang siap memanjakan lidah dan perut Anda begitu juga dengan kerajinan khas Lombok yaitu mutiara.

Jangan khawatir, karena sekalipun Anda tidak bisa berenang namun Anda tetap akan bisa bermain-main di dalam air, di pinggir pantai dengan senang tanpa takut hanyut atau tenggelam. Arus ombak di pantai di Pulau Gede tidak besar melainkan landai dan tenang sehingga memang benar-benar nyaman untuk liburan.Untuk yang ingin menikmati Gili Gede snorkeling disana maka bisa naik perahu kecil ke tengah laut lalu menikmati pemandangan bawah yang menakjubkan.

Terumbu karang yang ada sendiri berbeda-beda jenisnya  ada yang bentuknya fringing reef atau terumbu karang tepi dimana terletak di arus yang sedang namun kencang saat hari sore atau malam. Namun yang paling banyak adalah jenis terumbu karang Hard Coralatau Karang Keras yang populasinya mencapai 49%. Untuk jenis yang terbanyak nomer dua adalah patahan karang dan berikutnya adalah Soft Coral yang dikenal dengan nama genera.

Untuk spot diving atau snorkeling sendiri ada beberapa yang favorite dan bisa Anda jadikan jujukan. Pemandu akan mengantar Anda kesana saat sudah siap untuk menyelam. Tidak hanya terumbu karang saja namun Anda juga bisa menikmati aneka jenis ikan yang lucu dan menggemaskan.




0 Response to "Wisata Alam Di Gili Gede Snorkeling Di Pulau Lombok"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik