Candi Prambanan dan Boko, Tempat Wisata Yogyakarta

Candi Prambanan adalah seorang anak dari Candi Boko. Maksudnya candi Prambanan adalah candi Roro Jongkrang. Sedangkan cando Boko adalah candi Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: "raja bangau").

Roro Jonggrang adalah anak dari Ratu Baka. Bila anda berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lupa berkunjung ke Candi Boko. Begitu juga sebaliknya. Letak keduanya sendiri sekitar kira-kira 3 km.


Canti Boko terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan candi Prambanan terletak di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman,

Daerah Istimewa Yogyakarta. Keduanya sama-sama berada di tempat yang sama, namun berbeda dalam komplek yakni komplek Galak untuk canti Boko dan Kranggan untuk candi Prambanan.

Fakta Menarik Candi Prambanan yang Perlu Kamu Tahu

Candri yang terbesar di Indonesia bahkan se-asia tenggara adalah candi Prambanan. Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan candi ini sebagai dandi cagar budaya dunia yang harus dilindungi. Dengan ketinggian 47, candi ini memiliki fakta yang menarik untuk diketahui seperti yang dilansir phinemo.com.


1. Candi Prambanan Menyerupai Gunung Semeru

Candi yang memiliki nama Siwagrha adalah candi yang dibangun menyerupai gunung semeru yakni lebih kepada puncak mahameru. Hal ini berangkat dari kepercayaan orang dahulu. Pembangunan candi seperti ini dengan alasan bahwa itu adalah rumah para dewa.

Karena menyerupai puncak, puncak candi ini terlihat membentuk makhkota. Puncaknya diberi nama mastaka sebagai perlambang halilintar.

2. Relief Candi Prambanan bercerita tentang Ramayana

Bila anda pernah melihat kisah ramayana, pasti anda mengarah pada negara India. Kisah ini sangat populer dan sepertinya menyebar ke seluruh dunia. Candi identik dengan hindu. Bila candi diberikan polesan relief yang mengisahkan tentang ramayana, hal ini karena hindu dengan candinya berasal dari India.

3. Candi Prambanan Oleh Rakai Pikatan

Selalu ada legenda yang memang zaman dahulu menyukai hal-hal yang berbau cerita yang cenderung fiksi. Itulah mengapa ada hikayat atau ceritera yang menguasai penulisan. Jadi, candi Prambanan yang dibangun pasukan jin dari Bandun Bondowoso adalah sesuatu yang fiktif, yang mungkin cerita fiksi yang terkenal pada masa itu. Sebenarnya, candi itu dibangun karena sebab Rakai Pikatan. Hal ini tertulis dalam prasasti Wantil atau prasasti Siwagrha.

 

Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Jalan-jalan Ke Istana Ratu Boko

Setelah mengunjungi anaknya, kini anda mengunjungi bapaknya. Di sini, anda mengunjungi sebuah candi Boko atau Istana Ratu Boko. Apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat ini? Berikut pembahasan seperti yang dilansir Yukpiknik.com


1. Kompleks Ratu Boko Sangat Luas

Candi Boko dinamai Istana Ratu Boko karena memang tempat ini dahulu kala sebagai istana raja. Jadi, sangat wajar bila area Candi Boko terbilang luas. Keluasannya sampai mencapai 250.000 m2. Bila anda berniat memasuki kawasan Ratu Boko, anda bisa melihat papan informasi seputar ini untuk mempermudah perjalanan. Informasi ini letaknya di area pintu gerbang masuk. Kaerna dahulu kala sebagai istana raja, candi yang terbangun di area ini jauh lebih sedikit.

Ketika perjalanan anda menuju ruang tengah, ada beberapa hal yang akan anda temui: gapura, lapangan, kolam, paseban, dan candi pembakaran. Lebih lanjut ke tenggara anda akan berjumpa dengan pendopo, balai-balai, 3 candi, kolam, dan juga kompleks Keputren.

2. Ratu Boko Menyediakan Tiket Masuk Dalam Dua Paket

Apakah anda siap mengunjingi Ratu Boko atau cando Boko di siang hari? Bila sia, anda harus siap terik mentari. Jelas, anda harus siap dikarenakan panasnya cukup membuat anda kewalahan. Namun apapun kondisi panasnya, anda bisa menikmati sunset di Rato Boko yang merupakan spot terbaik menikmati sunset di Jogja.

Bila ingin menikmati kawasan Ratu Boko alias Candi Boko, anda bisa beberapa tiket masuk. Ada dua kategori masuk ke Ratu Boko. Harga cukup murah sekitar 25.000 bila hanya menikmati kawasan ini dari mulai buka sampai tiga sore.

Tentunya, anda tidak bisa menikmati sunset terbaik di kawasan jogja ini. Namun bila ingin masuk, anda harus membayar 100.000. Harga ini 4 kali lipat dari harga tiket reguler.

0 Response to "Candi Prambanan dan Boko, Tempat Wisata Yogyakarta"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik