Cara Jadi Travel Blogger Dapet Duit Itu Gimana Sih?

Apa enaknya sih menjadi travel blogger? Ada enaknya bagi orang yang banyak uang. Tetapi, sangat tidak enak bagi orang yang kurang uang. Terlebih jauh, bagi orang sibuk yang kurang kecukupan uang, tentunya ini bisa menyulitkan dalam aktifitas sebagai travel blogger.

Maka pembahasan ini hanya berlaku untuk para orang bebas waktu yang memiliki banyak uang. Bila seperti ini, apakah aktifitas sebagai travel blogger justru menghabiskan banyak uang? Bisa jadi. Maka, anda harus serius membangun blog bertemakan travel hasil pengalaman anda agar pengeluaran anda bisa diselesaikan dengan pemasukkan dari blog.


Berikut poin-poin cara menjadi travel blogger sesuai yang dilansir Catperku.com dan tambahan bagaimana teknik penulisan untuk kebutuhan travel blogger yang menghasilkan uang dari penulis.

1. Jadi Travel Blogger Wajib Suka Jalan – Jalan!

Kunci utama travel blogger adalah menyukai jalan-jalan dan juga sering jalan-jalan alias traveling. Banyak blog wisata namun hanya menjelaskan tempat wisata. Mengapa? Karena si penulisnya belum traveling.

Makanya, namanya hanya sekedar blog wisata bukn travel. Kalau sudah travel, si penulisnya sudah berjalan-jalan ke tempat wisata. Sebenarnya, konsep travel blogger tidak hanya mengunjungi tempat yang diklaim sebagai objek wisata tetapi perjalanan ke tempat apapun yang layak dikunjungi. Bagi traveler, tempat menarik dianggap tempat wisata tersendiri.

2. Mau Jadi Travel Blogger Nggak Wajib Pinter Nulis, Yang Penting Mau Belajar

Maksud dari kalimat di atas adalah anda tidak perlu mengawali menjadi travel blogger dengan kemampuan menulis yang handal. Anda bisa mengawali dalam kondisi apapun dalam penulisan. Terpenting, anda mau belajar.

Penulisan sesuai fakta apa yang dialami memang mudah. Namun, penulisan ini hanya bersifat standar, mirip berita. Maka dari itu, anda harus belajar bagaimana membuat tulisan review atau resensi. Berat? Ya, kalau mau jadi travel blogger profesional, anda bisa menulis review mengenai objek kunjungan anda dengan menitikberatkan positif-membangun.

3. Mau Jadi Travel Blogger, Harus Rajin Baca!

Tidak semua tempat wisata menghadirkan informasi yang terstruktur kecuali anda mengandalkan pemandu wisata. Namun, bukan travel blogger bila hanya mengandalkan pemandu wisata. Lagi pula, traveler tidak hanya mengunjungi objek yang diklaim sebagai tempat wisata.

Bila seperti ini, anda cenderung kesulitan untuk menulis review. Jadi, anda harus mencari akal bagaimana mendapatkan informasi seputar objek kunjungan. Salah satunya adalah berlangganan blog travel yang sudah senior. Intinya mah, anda harus rajin membaca seputar geografis, sosiologis, antropologis suatu daerah kunjungan.

4. Yang paling Sulit, Dan Tantangan Terbesar… Konsisten Menulis!

Walaupun anda menyukai jalan-jalan, belum tentu menyukai tulis-menulis. Walaupun anda menyukai tulis-menulis, belum tentu konsisten menulis persoalan travel untuk kebuuthan blog. Seandainya blog anda berhasil tembus mendapatkan kunjungan 1000 per hari, anda justru semakin tertantang untuk selalu update hasil perjalanan anda.

Bahkan, anda harus siap menulis hasil kunjungan dari luar negeri yang biayanya tidak sedikit. Ya, anda akan seperti ini. Apakah anda siap konsisten? Belum lagi, anda akan dihantui para pencopas yang bisa merenggut semangat anda menulis.

Namun, bila anda membuat blog travel sekedar iseng belaka, tidak memikirkan finansial, anda tidak serius update artikel pun tidak masalah. Tetapi, bila anda serius untuk membangun penghasilan, anda harus konsisten dan profesional.

7. Memahami Teknik Menulisan Untuk Kebutuhan Blog Adsense

Banyak travel blogger yang menulis tidak mempertahankan kata kunci. Jelas, langkah seperti ini digunakan oleh para traveler yang tidak profesional alias tidak serius ingin mendapatkan penghasilan dari blog.

Traveller blogger harus memahami betul bagaimana penulisan yang sesuai standar SEO namun tidak menghilangkan kesan keindahan dalam judul dan isi. Kebutuhan ini tentu untuk kesuksesan bisnis Adsense.

Di samping adsense sebagai penghasilan, anda bisa menarget penghasilan lainnya seperti travel untuk wisata kuliner atau review hotel dan sebagainya. Tentu, anda bisa menjalin kerjasama dengan mengawali membuat halaman yang berisi perizinan kerjasama. Nantinya, mereka yang berkepentingan bisa mengandalkan tenaga anda.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Di Bukittinggi Yang Wajib Dikunjungi

0 Response to "Cara Jadi Travel Blogger Dapet Duit Itu Gimana Sih?"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik