Kawah Putih Ciwidey, Kawah Unik Nan Romantis

Kawah putih adalah berupa danau, tempat penampungan kawah. Seperti definisi danau yakni tampungan sungai dari hasil buatan, danau kawah putih berawal dari letusan gunung. Letusan pada abad 10 membuat banyak orang ketakutan sampai menganggap anggker pada tempat ini. Hal ini beralasan bahwa di tempat ini ada penghuni yakni para leluhur alias sesepuh masyarakat setempat. Uniknya, sesepuh ini diberi awalan Eyang, yang merupakan khas panggilan Jawa. Di antara sesepuhnya adalah Eyang Jaga Satru, Rangsa Sadana, Camat, Ngabai, Barabak, Baskom, dan Jambrong.


Setelah itu ada seorang peneliti bernama Dr.Frans yang nekad mengunjungi tempat ini sampai akhirnya ditemukan danau yang berwarna putih alias kawah putih dengan bau-bauan khas belerang. Pada tahun 1987, tempat ini mulai terkenal sampai pemerintah mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata. Bayangkan bila kita selalu dalam kerangkeng ketakutan, apakah kawasan ini akan dinikmati banyak orang?

Tips Berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey

Kawan putih Ciwidey berbau belerang. Bila mau aman, anda harus membawa masker. Tentunya, masker baru, bukan masker bekas orang lain :). Jangan lupa, keteledoran menyentuh air harus dihindari. Air di tempat danau terlihat jernih tetapi bercampur bahan berbahaya karena mengandung asam yang tinggi.

Bila berkunjung ke situ, lebih baik anda berangkat pagi. Mengapa? Suasana di sana panas, tidak sejuk, mungkin karena pengaruh belerang atau bagaimana. Intinya, siasati waktu dengan berangkat pagi buta. Namun ada informasi bahwa kawasan Kawah Putih Ciwidey dianggap bersuhu dingin. Mengapa dingin? Hal ini karena letak kawah putih berada pada ketinggian 2.400 dpml. Jadi, bagaimana? Apakah kawasan ini panas atau dingin? Yang pasti, bila anda berkunjung pagi hari, anda akan menikmati indahnya kesejukan pagi. Barangkali ingin melihat kabut.

Tentunya, setiap tempat wisata memiliki aturan. Begitu juga yang ada di kawah putih Ciwidey. Di sini memiliki aturan tersendiri. Maka dari itu anda harus mentaati aturan karena kemungkinan aturan-aturan yang tidak ditaati bisa membahayakan.

Fasilitas di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Orang yang beragama Islam bepergian memenuhi beberapa kebutuhan seperti konsumsi untuk menghilangkan lapar dan haus. Sehabis konsumsi, tentu pembuangan hajat di WC. Setelah pembuangan hajat pada waktu solat, tentu solat di musola dengan fasilitas air wudu. Nah, di titik tertentu, para wisatawan kelelahan sehingga membutuhkan tempat istirahat. Kendaraan yang dipakai pun membutuhkan parkir dan ini terpenuhi dengan luas. Anda tidak perlu khawatir karena kebutuhan inti terpenuhi dengan baik.

Penginapan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sebenarnya, anda bisa memanfaatkan rumah teman, saudara atau lainnya untuk menghemat biaya penginapan. Biasanya, satu malam berharga mahal bila mengandalkan villa atau hotel. Namun, tidak semua orang memiliki teman atau lainnya di wilayah terget wisata. Bila seperti itu, anda bisa memanfaatkan tempat penginapan seperti di bawah ini:

1. Cimanggu Cottage Ciwidey : Jalan Raya Ciwidey Km.13, Ciwidey
2. Saung Gawir: Jalan Raya Ciwidey Rancabali Km.05
3. Villa Patengan: Jalan Raya Ciwidey, Rancanbali, Patengan

Sebenarnya masih banyak. Namun penulis cukup menjelaskan hal ini saja.

Tips Menghindari Praktik Pungli di Kawah Putih Ciwidey

Pungli biasanya terjadi pada parkir dan juga pembelian tiket. Bila anda berjalan pada rel yang benar, seharusnya anda tidak mengalami pemunglian dari oknum. Anda bisa mengetahui tarif standar parkir dengan bertanya ke kantor pengelola. Nanti anda akan melihat daftar parkir dan lainnya. Begitu juga masalah pembelian tiket yang tidak lepas dari ulang oknum. Ada banyak cara agar pengunjung membeli tiket ke calo. Maka dari itu, anda harus paham dimana loket resmi pembelian tiket. Tentunya, ruangannya tertata rapih bukan seperti ruangan penitipan helm.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kawah_Putih
https://lokawisatabandung.com/wisata-kawah-putih-ciwidey/
http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2017/08/29/tips-menghindari-praktik-pungli-di-kawah-putih-ciwidey-408276
https://www.tabloidwisata.com/kawah-putih-ciwidey-bandung-lokasi-tiket-masuk/
https://www.pikniek.com/indonesia/kawah-putih-bandung/

0 Response to "Kawah Putih Ciwidey, Kawah Unik Nan Romantis"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik