Wisata Alam Kebun Raya Bogor Penuh Warna-Warni

Sepertinya, bila ingin melihat tempat wisata nuansa alam yang tertata baik, Bogor bisa menjadi salah satu tempat yang terbaik. Hal ini karena Bogor memiliki taman satwa dan juga kebun raya Bogor. Di samping itu, udara bogor cenderung sejuk sehingga cocok untuk wisatawan keluarga atau bersama pasangan yang menginginkan suasana nyaman akibat pekerjaan atau kegiatan penat.


Kebun Raya Bogor terletak di jalan Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Di sini, Kebun Raya Bogor terbangun lebih dari 15.000 jenis pepohonan alias tanaman (tumbuhan) dengan luas kebun sekitar 87 hektaree.

Bayangkan, bagaimana anda tidak merasa bingung dengan banyaknya pohon? Namun di sinilah anda akan belajar banyak hal seputar tumbuhan. Maka dari itu, beberapa pusat keilmuan bisa anda kunjungi seperti di Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan Pustaka.

Fakta Unik Dan Tumbangnya Pohon Tua Kebun Raya Bogor

Ada banyak pohon yang berumur tua, salah satunya adalah pohon Leci dan juga Raja. Keduanya memiliki usia rata-rata 100 tahun. Pohon leci salah satunya yang menjadi andalan di kebun raya bogor. Tentunya, semakin lama sebuah pohon hidup maka akan semakin sering dan banyak menyerap karbon yakni karbon sehingga udara bisa terhindari dari polusi.

Di samping karena sudah berjasa menyerap karbon, pohon leci juga menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan wisatawan. Apalagi, pohon ini berhadapan langsung dengan halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor (liputan6.com).



Sayangnya, pohon andalan ini tumbang. Penyebab tumbangnya sesuai data yang didapatkan para investigasi adalah karena pengaruh rayap. Mengapa? Di situ ada jejak rayak seperti rumah atau gigitannya. Ya, pohon tidak bisa melepas diri dari gangguan rayap (liputan6.com).

Jembatan Cinta Di Kebun Raya Bogor, Fakta Atau Mitos?

Sudah diakui bahwa jembatan gantung sangat efektif mengokohkan bentangan panjang jalan. Hal ini karena memiliki kabel besi sebagai penambah kekuatan. Biasanya jembatan tanpa kaki di tengah. Seandainya tanpa kabel besi fleksibel sebagai bagian dari kekuatan, jembatan panjang tidak memiliki tambahan kekuatan, hanya bentangan besi yang sering menjadi lalu-lalang kendaraan. Jembatan gantung cocok diterapkan pada jalan yang memiliki bentangan jalan.

Jembatan tanpa kaki di tengah berlaku pada jembatan yang ada di Kebun Raha Bogor. Jembatan ini tidak terlalu panjang namun membutuhkan penggunaan kabel besi sehingga kekokohannya seperti ada kaki di tengah. Itulah keunikan jembantan gantung yang berwarna merah ini.

Uniknya lagi sebagai daya tarik wisatawan adalah jembatan ini dipercaya memiliki mitos yang bisa menyatukan cinta atau malah memutuskan. Apakah anda percaya? Sebagian besar percaya. Tetapi, anda tidak perlu percaya.


3 Tanaman Unik yang Bisa Ditemui di Kebun Raya Bogor

1. Bunga Anggrek

Anda harus menaiki kereta terlebih dahulu untuk mengunjungi Orchid House. Di tempat ini, ada banyak bunga anggrek yang bisa anda lihat dan mempelajarinya. Memang, ada dua pembagian dalam rumah kaca ini yakni anggrek dan tanaman tropis. Di sini, anda bisa melihat bunga-bunga nan indah yang sebagian besar asli Indonesia. Anggrek lainnya adalah anggrek yang sengaja dibesarkan oleh peternak Indonesia.


2. Bunga cantik di Taman Astrid

Mengapa disebut taman Astrid? Dinamai seperti ini karena pada awalnya taman ini dibangun dalam penyambutan Ratu Astrid, istri Raja Leopard III. Penyambutan pada waktu itu dianggap istimewa, spesial. Hasilnya, suguhan taman astrid bisa anda nikmati. Di samping menikmati hijau luas lapangan, anda bisa menikmati tanaman-tanaman beraneka warna terutama dari bunga lili.

3. Kolam penuh bunga Teratai

Walapun indah, sayang sekali anda tidak bisa menikmati ini untuk backgroud foto. Anda hanya bisa memfoto kolam yang penuh bunga teratai ini (atau mungkin ada bunga lotus-nya). Sebagian besar kolam, yakni sekitar ¾ permukaan kolam terisi dengan bungan teratai (atau mungkin ). Hal ini dikatakan teratai karena kelopak bunga yang lebih teratur, bentuknya lancip dan banyak bertumpuk.

0 Response to "Wisata Alam Kebun Raya Bogor Penuh Warna-Warni"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik