Objek Wisata Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Bila anda sudah pernah mendengar Cheng Ho, maka anda tidak bisa mengabaikan bangunan Kelenteng Sam Po Kong yang ada di Semarang. Bangunan klenteng Sam Po Kong adalah tempat persingkahan dan juga pendaratan seorang laksamana Tiongkok yakni Cheng Ho atau bisa disebut Zheng He.

Walaupun bangunan ini sudah beralih fungsi sebagai kelenteng, namun ini berawal dari pendirian masjid untuk kebutuhan ibadah pada masa itu. Hal ini dikuatkan dengan tulisan yang berbunyi ajakan untuk mendengarkan bacaan Qur’an (Wikipedia).


Bila anda mau mengunjungi objek wisata Kelenteng Sam Po Kong, anda bisa menyusuri di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148. Bangunan yang berada di jalan ini pada awalnya bukan sebuah kota yang berada di tengah-tengah kota yang lain. hal ini masih masih berupa area pantai pada waktu itu.

Seiring pendangkalan air laut akibat sedimentasi, tempat ini berubah menjadi daratan yang terus saja mengalami perluasan (Wikipedia).

Kelenteng Sam Po Kong adalah kelenteng gedung batu. Hal ini karena bentuknya berupa gua. Banyak yang mengira bahwa kelenteng ini sebuah bangunan yang sengaja dibangun. Padahal itu hanya gua yang mungkin memiliki corak arsitek (Wikipedia). Pada tahun 1700, gua asli kelenteng Sam Po Kong tertutup longsor. Namun, demi menghormati Cheng Ho, akhirnya di bangun kembali (brobali.com)

1. Berkunjung ke Beberapa Kelenteng di Sam Poo Kong

Terdapat empat kelenteng di Sam Poo Kong yang bisa Anda kunjungi, di antaranya Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien, dan Kelenteng Kyai Jangkar.

Tidak lupa, anda harus berkunjung di beberapa kelenteng yang. Diantaranya adalah mengunjungi kelenteng Dewi Bumi atau bisa disebut Thao TeeKong yang diperuntukkan untuk pemujaan pada Dewi Bumi.

Kedua, anda bisa mengunjung Kelenteng Juru Mudi atau katanya bisa disebut Kiai Juru Mudi, tempat pemakaman seorang pengemudi ketika itu. Bila ingin melihat jangkar asli peninggalan Laksamana Cheng Ho, anda bisa mengunjungi Kelenteng Jangkar atau bisa disebut Kyai Jangkar (brobali.com). terakhir, anda jangan melewatkan kelenteng terbesar di Sam Po Kong yakni kelenteng Sam Poo Tay Djien.

Konon, kelenteng Sam Poo Tay Djien disebut juga sebagai perwujudan kelenteng Sam Poo Kong. Konon pula, di Sam Poo Tay Djien terdapat air sumur dari sumber yang tidak pernah habis (travel.kompas.com).


2. Berburu Spot Instagramable di Sam Poo Kong

Era Instagramable merupakan era yang bagus untuk popularitas kawasan wisata eksotis. Termasuk yang ada di Sam Po Kong, di sini menyediakan spot khusus untuk kebutuhan Instagramable. Maka dari itu, anda bisa memilih spot-spot khusus yang sudah disiapkan pengelola wisata kelenteng Sam Po Kong. Biasanya spot khusus untuk foto-foto ditandai dengan lingaran di permukaan tanah. Namun, hal ini tidak menutup spot lain sesuai selera pengunjung.


3. Menyewa Pakaian Khas China

Wisata dengan dukungan untuk berfoto-foto memunculkan beberapa jasa yang akan ditawarkan ke para wisatawan. Salah satunya adalah menyewa pakaian khas Cina. Anda tidak perlu pergi ke Cina hanya untuk memakai pakaian khas cina zaman dahulu.

Baju koko yang terinspirasi dari baju cina tidak cukup untuk menyamai baju cina asli untuk kebutuhan foto. Di samping memakai pakaian cina, anda bisa mengabadikannya dengan foto yang disediakan jasa fotografer. Kualitas foto fotografer tentunya jauh lebih unggul daripada foto amatiran.

0 Response to "Objek Wisata Kelenteng Sam Poo Kong Semarang"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik