Manfaat Wisata Edukasi Untuk Anak-anak Dan Dewasa

Pembahasan manfaat wisata edukasi di sini tidak akan mengarah pada hal teknis pengadaan wisata yang biasa dilaksanakan oleh sekolah atau kampus, bahkan keluarga. Terpenting, pembahasan ini adalah bagaimana menjelaskan manfaatnya yang bertujuan untuk menjadi diri manusia yang bermanfaat.


Bila menjelaskan masalah teknis pengadaan wisata, ada banyak program sekolah atau kampus yang salah penerapan. Mereka berkunjung jauh hanya untuk melihat apel, budidaya apel (tragisnya hanya sekali saja per tahun) di era online ini dengan biaya ratusan ribu.

Padahal, mereka bisa melihat vidio di internet bagaimana hal ini hanya bermodalkan sekali download untuk dibagian ke banyak siswa/mahasiswa.

Jadi, bagaimana menjelaskan manfaat wisata edukasi yang lebih kepada tidak kalah saing dengan dunia online, informasi internet?

Anak-Anak Jauh Lebih Bersemangat Belajar

Manfaat wisata edukasi yang sebenarnya adalah untuk menumbuhkan semangat belajar. Kalau sekedar mengetahui cara bagaimana menanam padi, sepertinya ini ada di internet walaupun tidak mungkin mau melihat di internet.

Anak-anak jauh lebih bersemangat melihat cara menanam padi sambil mempraktekkan. Biasanya, belajar yang disertai gerakan pengamalan memiliki energi tersendiri karena membiarkan tubuh berkreasi.

Hal ini berbeda bila anak hanya duduk di kelas sambil mendengarkan sang guru. Gerakan bisa membangkitkan energi sehingga wajar bila bisa mengurangi rasa malas.

Hanya saja, kalau belum terbiasa melakukan pengamalan, bergerak sendiri bisa menyebabkan rasa malas. Mereka yang malas belajar biasanya lebih suka sibuk berdiam diri sambil bermain game atau televisi. Hal semacam ini harus dihilangkan. Salah satunya dengan berwisata yang penuh permainan pendidikan.

Pelajaran Rumit Jauh Lebih Mudah

Biasanya, mata kuliah atau pelajaran yang berurusan dengan sejarah, sains jauh lebih sulit dipelajari ketika tidak ada objek. Hanya dengan mengunjungi objek wisata yang menjelaskan seputar sejarah atau sains yang sedang dipelajari, mereka biasanya akan mendapat pencerahan. Khususnya dalam hal sejarah, mereka jauh lebih paham wilalah-wilayah sumber sejarah daripada yang ada di buku. Inilah pentingnya mengunjungi objek wisata edukasi.

Membangun Rasa Empati

Anda pernah melihat wisata pertanian, perkebunan, atau sejenisnya? Ada beberapa wisata pertanian, perkebunan yang memang sengaja sebagai objek wisata. Namun, objek wisata itu bukan objek wisata tanpa edukasi.

Nah, wisata seperti inilah yang bisa mendidik seorang anak berempati pada hasil para petani dan sejenisnya. Mereka biasanya melakukan praktek langsung di tengah sorotan matahari untuk merasakan betapa berat menjadi petani dengan hasil yang cenderung memprihatinkan.

Mendidik Anak Mempraktekkan Ilmu

Ada salah satu tempat wisata edukasi yakni di Bogor yang menghadirkan wisata ilmiah pertanian obat. Hal ini menggambarkan bahwa pengembangan ilmu harus menyentuh wilayah praktis. Dengan berkunjung di wisata edukasi seperti ini, anda bisa memahami bahwa seperti inilah proses pengamalan ilmu.

Mereka yang biasa meminum obat atau jamu sebagai cara praktif akan tersadar bahwa sungguh rumit dalam proses. Di sinilah ada kesadaran bahwa ilmu harus diterapkan.

Meningkatkan Kecintaan Pada Tuhan

Ada satu opsi yang mungkin bukan bagian dari wisata edukasi yakni Ziarah pada makan wali songo dan beribadah di tanah suci. Tetapi, bila merujuk pada wisata sejarah, wisata mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang penuh pelajaran, mungkin wisata di makan wali songo atau ke beribadah di tanah suci bisa dikatakan wisata education.

Memang, ada situs-situs tertentu yang justru memberikan pelajaran seperti seputar bangunan khas wali songo dan peninggalan nabi terdahulu. Bila seperti ini, wisata edukasi memiliki manfaat menambah kecintaan pada Tuhan.

***

Nah, bedanya wisata edukasi yang sia-sia dan tidak ada terletak pada momen evaluasi atau pembekalan berkelanjutan. Mereka memang mendapatkan informasi yang bermanfaat dengan mengunjungi langsung ke objek wisata yang membantu pembelajaran.

Tetapi, lembaga pendidikan tidak ada upaya tidak lanjutnya sebagai buah dari kunjungan ke wisata edukasi. Harusnya ada. Tujuannya untuk pengembangan ilmu dan juga amal.

0 Response to "Manfaat Wisata Edukasi Untuk Anak-anak Dan Dewasa"

Post a Comment

Tempat Wisata Menarik